19
Des
07

3 Penyebab Perceraian

Dulu, saat masih kuliah dan masih suka nongkrong gak karuan,
saya dapat input berharga dari seorang yang sedang mabok.
Saya gak akan lupa inputan ini.
Ini warisan dari Papa Franki almarhum. Halo pa! apakabar disana :-)

Perceraian adalah puncak dari pertengkaran kecil,
yang berkumpul menjadi pertengkaran besar yang jika sering terjadi maka timbulah perceraian.

Dia bilang, 3 penyebab utama pertengkaran dalam rumah tangga adalah :

  1. Uang
  2. Seks
  3. Anak-anak

Sebenarnya dia mau jelasin satu per satu. Tapi kurang jelas bicaranya.
Jadi saya coba analisa sendiri.

  1. Uang
    Gak bisa ngeles deh… urusan ekonomi emang biangnya.
    Cinta gak bisa beli nasi bungkus, cuma uang yang bisa.
  2. Seks
    bila kamu belum punya pengalaman seks sebelumnya dengan beberapa wanita,
    bagaimana kamu tau wanita yang seperti apa yang kamu suka dalam hal seks.
    Mungkin ini sebabnya kumpul kebo banyak dilakukan sebelum pernikahan.
    Upaya “test case” :-)
    bagaimana kamu tau kalo istri kamu badannya bau?
    bagaimana kamu tau suami kamu ngoroknya kayak mesin diesel?
    Namun kalo kamu adalah orang yang adaptif, gampang menyesuaikan diri,
    seks bukan masalah besar dong. Seks berhubungan dengan fisik. Fisik akan terus berubah, gak bisa menipu zaman. Harusnya kamu bisa terima perubahan ini.
  3. Anak-anak
    Tidak punya anak
    Kebanyakan anak
    Pendidikan anak dan harapan kamu atas anakmu, mau kamu jadikan apa dia.
    Cara kamu memarahi anak, semuanya bisa memicu pertengkaran

Jadi kalo diliat, seks dan anak-anak bisa ditanggulangi dengan menerima perubahan dan kompromi. Sedangkan ekonomi, gak ada jalan lain, kamu harus kerja lebih keras lagi.
Oh ya, papa franki menikah dan cerai beberapa kali.
Saat bicarakan ini dia sedang beristri dua :-)

Kata orang, nafsu mengumpulkan uang adalah biang kejahatan.
Orang lain bilang, gak punya uang adalah akar kejahatan

Kamu bilang ?……


16 Responses to “3 Penyebab Perceraian”


  1. Agustus 12, 2008 pukul 9:19 am

    MENURUT SAYA YANG PENTING KOMUNIKASI ANTARA SUMI ISTRI

  2. Februari 3, 2009 pukul 4:13 pm

    yap, mnrt sy juga bgitu. penyebabnya emng krn komunikasi antara pasangan yg ga bagus
    tp ada lg lbh mdasar dr itu, niatan nikah di awalnya, penyamaan visi misi pernikahan juga.
    kl dr awal niatnya dah tepat, visi misinya juga sama insyaAllah pceraian ga sampai tjd…
    tp gatau juga seh, blom pngalaman nikah juga, jd rada khawatir juga ksh koment gini. tp serius kl saya perhatiin faktornya emng itu… ^__^

  3. Juli 31, 2009 pukul 12:52 pm

    Saya pikir perceraian pasti akan terjadi ketika pasangan suami atau istri selalu melihat sisi negatif dari pasangannya

  4. Oktober 6, 2009 pukul 9:51 am

    BUT SORRY BANGET…MESTI DITAMBAHIN TUH AKIBAT PERCERAIAN NYA. SATU LAGI AKIBAT SMS NYASAR… SILAHKAN KUNJUNGI BLOG SAYA DI http://WWW.ANAK ANAK TASIK.COM SILAHKAN BACA ABOUT DAN HALAMAN SURAT DIBAWAHNYA. SEKALIAN TOLONG KOMENTARI DAN KASIH MASUKKAN DI BLOG SAYA YA…
    DAN SAYA TITIP SATU FORMULA UNTUK MENCEGAH TERJADI PERTIKAIAN RUMAH TANGGA. JANGAN PERNAH MENYURUH ISTRI MU UNTUK BELI PULSA SEORANG DIRI, NANTI NOMORNYA AKAN DICATAT DAN BISA JADI NANTI ISTRIMU AKAN DI TELEPON ATAU DI SMS DENGAN PENUH RAYUAN. HATI HATI JAMAN SEKARANG SUDAH BERUBAH. KALAU MAU ISI PULSA UNTUK NOMOR ISTRIMU, LEBIH BAIK KAMU SENDIRI YANG MELAKUKANNYA AGAR SI “MATA MATA NOMOR PEREMPUAN” TIDAK MEMASUKKAN NOMOR ISTRIMU ITU KE DALAM TARGET KE ISENGAN NYA. HATI HATILAH.
    http://WWW.ANAK ANAK TASIK.COM

  5. 7 juana falia talathofa
    Oktober 20, 2009 pukul 3:56 pm

    yach….kalo memang seks, ana-anak, dan uang menjadi penyebab ada sebab-sebab lain lagi gak…???

  6. Desember 1, 2009 pukul 5:54 pm

    Sblm mnikah,pikir matang2 visi & misi utk hdup beradua,jaga sgla resiko & tantangan masa2 yg akn dilalui.

  7. 9 indriati wahyuni
    Desember 11, 2009 pukul 12:03 pm

    ada satu faktor lagi yang mungkin terlewat..
    Orangtua…
    Seringkali pasangan suami istri bercerai karena orangtuanya sendiri, contohnya saya.
    Saya punya bapak mertua yang banyak maunya…
    Padahal waktu saya berdua hidup susah, kayaknya dia liat juga ghak mau, apalagi membantu…
    Sekarang waktu kehidupan suami saya mulai membaik, dia minta ini- itu, maklum sih anak laki- laki satu-satunya.
    Saya gak tau apa salah saya sama dia sampai seringkali dia membesar-besarkan masalah yang tidak perlu, menghasut suami saya sampai bertengkat hebat dengan saya dan yang terakhir ya saya bercerai dengan suami saya, mungkin atas hasutannya, bilang saya tukang kelapan malem- malem,dll pokoknya asem banget dah…
    Moga2 cerita saya bisa diambil hikmahnya, bagi yang senasib dengan saya sabar dan iklas aja yah…
    Bye…Bye…

    • 10 Sweety
      Januari 24, 2011 pukul 3:59 pm

      Betul sekali… Orang tua seharusnya tidak mencampuri urusan rumah tangga anaknya kecuali jika diminta. Karena ini yang seringkali mengacaukan segalanya. Tapi banyak orang tua yang waktu anaknya susah, dia tidak mau bantu sekalipun dia punya sedikit uang. Dan begitu anaknya berhasil / sukses, dia jadi belagu dan pengen ngatur ini ngatur itu bahkan terkadang terlalu berlebihan sampai2 mengabaikan perasaan menantunya sendiri dengan perilaku yang tidak menghargai menantunya sama sekali. Padahal perjuangan menuju sukses tidak dijalani anaknya seorang diri tetapi juga oleh dukungan menantunya bahkan dukungan materi dari besannya. Semoga kelak kita tidak menjadi mertua yang justru memicu perceraian rumah tangga anaknya sendiri.

  8. 11 nova
    Desember 26, 2009 pukul 7:24 pm

    bener banget, mbak…
    kita punya kisah yg sama..
    saya juga ditalak cerai suami gara2 ibu mertua saya suka menghasut suami, dengan mengatakan kalo saya istri yang tidak baik dan suka menentang suami…
    kok tega ya ngancurin rumah tangga anak sendiri?
    mungkin karena ibunya janda, jadi semua perempuan mau dibikin janda sama dia…xD
    kalo ibunya cerai sama suaminya gara2 suaminya punya perempuan lain, mungkin karena itu ibunya mau balas dendam ke saya..
    he2…

  9. 12 Lica Doca
    Januari 9, 2010 pukul 9:05 am

    kalau benar orang tua pasangan kita juga penyebab perceraian…memang menurut saya cobalah mandiri dengan tinggal terpisah dari orang tua, karena pada kenyataannya, suami istri akan lebih baik memecahkan permasalahannya sendiri, tanpa ada campur tangan apalagi hasutan dari pihak lain.

  10. 13 sakut
    Februari 18, 2010 pukul 10:12 pm

    percerian itu bisa terjadi karena bayangan n harapannya yang tidak sesuai dengan pasangannya setelah menikah…

  11. 14 Dewi SH
    Oktober 20, 2011 pukul 1:35 pm

    ibu mertua, emang kadang jadi pemicu pertengkaran dlm rumah tangga,…sama seperti yg saya alami,.. kalo didepan saya ngomong ga pernah enak tp kalo didepan suami bisa beda lagi,…jd suami saya taunya kl ibunya baik sama saya,…dan jahatnya lg suka sengaja membuat omongan yg ga enak hingga mancing emosi sy dan kalo saya marah atau ga suka dia bisa langsung ngadu ke suami saya dan anak2nya yg lain sehingga suami saya dpt laporan yg jelek2 ttng saya dr ibunya dan juga saudara2nya….dan akhirnya suami saya percaya dong krn yg ngomong sama dia gak hanya ibunya tapi jg saudara2nya… ya gitu lah …pertengkaran demi pertengkaran sering terjadi dan puncaknya suami akhirnya jadi marah sama saya dan menganggap saya tdk menghormati ibunya dan keluarganya,…dan sekarang suami jd illfill sama saya dan berniat menyerahkan saya ke orang tua saya….ohhh,,,susahnya kalo suami anak ibu apa2 yg difikirkan hanya perasaan ibunya tp tdk mengerti perasaan istrinya dan tidak mau terima alasan apapun dr sy…

  12. 15 ipay
    Maret 9, 2012 pukul 10:53 pm

    Idem sm yg atas2 mertua lg mertua lg..


Tinggalkan Balasan

Jejak

atan sutisna on 3 Penyebab Perceraian
ucicachev on Ayah Lupa
ipay on 3 Penyebab Perceraian
Dewi SH on 3 Penyebab Perceraian
Sweety on 3 Penyebab Perceraian

Tangan Di Atas

Kategori

Blog Stats

  • 35,464 hits

RSS Bahas rumah

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Bahas Bisnis

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Media Konsumen

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

